Menumbuhkan Jiwa Entrepreunership di Kalangan Mahasiswa Kehutanan Melalui Program Pelatihan Kewirausahaan

Senin, 04 Maret 2019 21:26 WIB

 

Sabtu (02/03/19), Himpunan Mahasiswa Jurusan Kehutanan, Universitas Muhammadiyah Malang melaksanakan kegiatan Pelatihan Kewirausahaan. Kegiatan ini merupakan upaya dalam menginspirasi jiwa wirausahawan di kalangan mahasiswa jurusan kehutanan UMM. Acara tersebut dihadiri oleh 53 orang mahasiswa kehutanan yang  tertarik dalam bidang kewirausahaan. Pelatihan Kewirausahaan ini mengundang pemateri yang sudah lama berkecimpung di bidang kewirausahaan kehutanan maupun di usaha anak muda milenial kali ini. Arydede Adrianto S.Hut sebagai pemateri yang membawakan materi tentang produk hasil hutan kayu. Founder UD Ika Jati Jombang ini mengatakan bahwa pentingnya SVLK (Standard Verifikasi Legalitas Kayu) dalam dunia olah kayu, pemanfaatan limbah untuk nilai niagawinya serta berwirausaha dibidang industri kreatif kehutanan. Pada kesempatan kemarin bang Arydede, sapaanya membawa produk dari hasil usahanya seperti photo wood beraneka ukuran, tempat tisu, cangkir, meja belajar dan masih banyak produk lain yang dibawa. Rimbawan kelahiran desember 1995 tersebut memaparkan bagaimana cara kita sebagai rimbawan mengolah limbah agar memiliki manfaat dan nilai ekonomi sehingga keberadaan limbah tersebut tidak menyebabkan dampak bagi lingkungan. 

Ari Prabowo S. Hut sebagai pemateri  kedua membawakan materi tentang bagaimana membaca potensi dan peluang usaha, serta bagaimana merancang dan mengawali usaha. Pengusaha yang mengawali usaha sejak kuliah ini menjelaskan tentang tantangan saat mengawali usaha dari awal dan usaha tanpa modal melalui pelayanan jasa untuk mengumpulkan modal pada tahap wirausaha selanjutnya. rimbawan asli Malang ini mengatakan banyak suka duka yang dialami selama merintis usaha ini. Beliau menuturkan selama masa kuliah ia pernah memdapatkan IPK yang tidak mencapai 2 sehingga keadaan ini memaksanya untuk  menutup usahanya dan beralih ke usaha yang lainnya berupa membuka usaha kedai kopi yang diberi nama Kecubung Kopi yang masih berjalan hingga sekarang. 

 

Syofiyolanda selaku Ketua Pelaksana Pelatihan Kewirausahaan ini berkata "dengan adanya acara seperti ini, harapannya adalah agar Mahasiswa Kehutanan dapat memiliki pandangan dan motivasi agar mau bergerak sebagai Wirausahaan muda dan sukses sedini mungkin". kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai disini saja, ada kegiatan lanjutan yang lebih kepada praktiknya bagaimana mengaplikasikan ilmu yang sudah didapat ke penerapannya langsung yang langsung dipandu oleh Kanan Kiri, Native Handmade Stuff yang akan diadakan pada tanggal 23 Maret 2019 Mendatang.  

Shared: