Selamat Hari gajah Sedunia

Minggu, 12 Agustus 2018 16:31 WIB

[HARI BESAR] 
 
Hai Rimbawan ✋,
Gajah adalah hewan cerdas yang memiliki ukuran otak lebih besar dibandingkan dengan mamalia lainnya. Hewan raksasa ini membutuhkan asupan 150 kg dedaunan sebagai makanannya dan 180 liter air setiap hari. Sekali minum, Gajah bisa menghabiskan 9 liter air dengan menghisapnya melalui belalai.  Gajah Sumatera dapat berkelana sejauh 20 km dalam waktu satu hari demi memenuhi asupan makanannya. Dalam hal usia, Gajah yang hidup dalam perawatan biasanya mampu bertahan hidup lebih lama yaitu 70 tahun, dibandingkan dengan yang hidup di alam hutan liar, pada umumnya mereka berumur lebih pendek karena banyaknya ancaman yang menggangu kelangsungan hidupnya.
Di Indonesia perseberan gajah berada di pulau Sumatera, yang sering disebut sebagai gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus). Sayangnya, Gajah Sumatera masuk dalam golongan satwa terancam punah (endangered) pada daftar merah spesies terancam oleh Lembaga Konservasi Dunia IUCN. Banyak hal yang memicu kepunahannya, mulai dari serangan liar dalam hutan, pembebasan lahan untuk area perkebunan dan pembangunan, serta pembantaian yang dilakukan manusia karena menganggap hewan ini sebagai musuh yang terkadang memasuki pemukiman masyarakat akibat hutan habitat mereka yang terus menerus dirambah oleh kepentingan bisnis komersial.
 
Tujuan ditetapkannya Hari Gajah Sedunia adalah untuk memberi tahu dunia bahwa kelangsungan hidup gajah, terutama di daerah Asia dan Afrika, sudah terancam punah. Dengan adanya Hari Gajah Sedunia, diharapkan kepedulian masyarakat terhadap hidup gajah semakin meningkat.
 
Ikuti terus informasi dari kami melalui kanal berikut : 
Instagram : @kehutanan_umm
Line : @yzd9904f
Facebook : Arek-arek kehutana umm
Website : Hmj-kehutanan.umm.ac.id

Shared: